Minggu, 25 April 2021

Menebak Berita Kematian Yang Orang Tulis Untuk Saya

 Waktu baca tema yang dikasih tentang "self-obituary" /"self-eulogy", saya langsung buka google translate. Dua kata yang asing, belum pernah sekalipun saya baca/dengar/gunakan sebelumnya. Saya coba ketik "obituary" di google translate, muncul "berita kematian" sebagai terjemahannya dalam bahas Indonesia. Ini tema menantang karena saya belum pernah mati, jadi belum punya pengalaman nyata terkait apa yang orang tulis di berita kematian saya. Jadi ya saya putuskan untuk menulis prediksi berita kematian apa yang kira-kira bakal dibuat untuk saya nanti.

Saya pribadi merasa saya belum punya warisan berharga yang membuat saya layak dikenang sih. Jadi ingat beberapa tahun lalu pernah buat resolusi "I'll make an incredible invention". Namun dari sekian banyak hal alat yang saya buat, belum ada satu pun yang masuk kategori incredible invention. Lucu juga sebenanrnya bikin tulisan yang menerangkan diri sendiri yang terkesan menyanjung. 

Kira-kira apa yang akan orang tulis ketika saya mati nanti?

Kemungkinan pertama, akan ditulis segala hal yang berkaitan dengan informasi pribadi saya secara umum. Tanggal kelahiran, pekerjaan, jumlah istri anak, riwayat pendidikan, pekerjaan, dan semacamnya. Mirip cv gitu lah. Kurang lebih seperti ini:

"Fajar dilahirkan di klungkung, salah satu Kabupaten di Bali pada tanggal 19 Agustus 1990. Masa kecil dan remajanya dihabiskan di kota kelahirannya tersebut. Tahun 2008 Fajar hijrah ke kota bandung untuk melanjutkan pendidikannya di institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, dirinya memutuskan untuk menetap di kota tersebut, dan mendapatkan perkerjaan di sebuah perusahaan perikanan yang saat itu masih berstatus sebagai sebuah start up". 

Kemungkinan kedua, akan ditulis semua prestasi saya dari jaman bocah. Bagaimana saya dulu adalah seorang yang memiliki banyak prestasi. Kurang lebih seperti ini:

"Sejak kecil, fajar dikenal sebagai anak yang berprestasi dan gemar mencoba banyak hal. Prestasi yang paling menonjol adalah kemampuanya di bidang fisika yang mengantarkannya menjadi medalis olimpiade fisika nasional pada jenjang SMA di tahun 2007, sekaligus menjadi tiket masuknya berkuliah di institut teknologi bandung. Tidak hanya di bidang akademis, fajar juga aktif menjadi atlet olahraga panjat tebing dan menjadi duta kabupaten klungkung pada ajang pekan olahraga provinsi untuk beberapa even."

Terakhir, akan disampaikan juga siapa saja yang akan merasa kehilangan dengan meninggalnya saya. Kalo ini sih kayaknya dikit hahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar